4 Destinasi Nusa Tenggara Timur yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar kata “liburan di Nusa Tenggara Timur”, hal apa yang pertama kali terlintas di benakmu? Menonton komodo dari kejauhan? Menginap di kapal di Labuan Bajo? Bersantai di Pink Beach? Semuanya bisa kamu lakukan di gugusan pulau Nusa Tenggara Timur.

 

Supaya kamu lebih mengenal lebih dekat tentang Nusa Tenggara Timur dan merasa wajib liburan ke sana, kami sudah menyiapkan beberapa destinasi menarik untuk dikunjungi. Apa saja? Simak di bawah, yuk!

 

Labuan Bajo

Setuju, kan kalau Labuan Bajo kerap menjadi destinasi utama di Nusa Tenggara Timur? Tempat ini memang menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa indahnya. Aneka terumbu karang berwarna-warni dan ikan berbagai ukuran berenang di sini. Tak hanya keindahan bawah laut, kombinasi antara pantai berpasir halus dengan bukit hijau membentang juga mampu membuat pengunjung terpana.

 

Nah, untuk menikmati semuanya, kamu bisa ikut tur Labuan Bajo trip agar perjalanan lebih teratur dan terarah. Tapi jika kamu ingin sendiri saja tanpa ikut tur juga bisa, kok. Asalkan pintar mengatur waktunya, karena Labuan Bajo terlalu indah jika hanya dinikmati sebentar saja.

 

Desa Wae Rebo

Desa cantik dan eksotis ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke sana, kamu harus mendaki gunung selama kurang lebih 4-5 jam perjalanan. Walaupun cukup lama, tapi kamu pasti akan terpukau dengan keindahan desa ini. Tidak heran kalau Wae Rebo dijuluki sebagai negeri di atas awan.

 

Karena lokasinya yang cukup jauh, kamu bisa kok menginap di rumah adat penduduk yang khas sekali berbentuk segitiga. Jangan lupa juga untuk ikutan menjalani aktivitas sehari-hari mereka. Misalnya seperti menenun kain khas Wae Rebo serta menumbuk kopi hasil tani masyarakat.

 

Taman Nasional Kelimutu

Taman nasional ini sangat terkenal karena terdapat danau tiga warna di dalamnya. Danau ini akan memperlihatkan tiga warna yang berbeda ketika matahari terbit, seperti biru, merah, dan cokelat tua. Unik sekaligus cantik, kan?

 

Tidak hanya menikmati keindahan danau saja, di sini kamu juga bisa mendaki Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1631 m di atas permukaan laut. Oh iya, Taman Nasional Kelimutu ini juga dijadikan sebagai konservasi flora dan fauna khas Indonesia Timur.

 

Air Terjun Cunca Wulang

Jika kamu sedang berada di Manggarai Barat, tepatnya Pota Wangka, kamu akan menemukan destinasi wisata bernama air terjun Cunca Wulang. Untuk mencapai air terjun ini tidak mudah, karena medannya agak berat dan menantang. Tapi ketika sampai, semua rasa lelah terbayar sudah.

 

Air terjun ini memiliki warna kebiruan yang segar dan jernih. Kalau kamu ingin berenang juga bisa, karena terdapat kolam bebatuan alami di bawah air terjun. Jangan lupa rasakan sensasi serunya melompat dari batu besar yang ada di Air Terjun Cunca Wulang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.