Ingin Membawa Gaya Mediterania pada Hunian Anda? Tonjolkan Lewat Elemen Khasnya Berikut!

Gaya Mediterania banyak diadaptasi saat membangun rumah impian. Dalam pelaksanaannya, Anda perlu mempersiapkan beragam material termasuk berapa banyak semen mortar yang dibutuhkan.

Namun tahukah Anda elemen apa saja yang bisa dipakai untuk memberi sentuhan Mediterania ke dalam rumah? Simak yuk selengkapnya!

Bawa Gaya Mediterania ke Dalam Hunian, Berikut Elemen Khasnya!

Gaya ini diadaptasi dari bangunan-bangunan yang ada di negara sekitar laut Mediterania, seperti bangunan di wilayah Yunani, Spanyol, Turki dan beberapa negara Mediterania lainnya.

Tak berbeda dengan bangunan dari wilayah lain, hunian Mediterania juga memiliki bentuk tertentu sebagai ciri khas. Jika Anda berniat membawa gaya Mediterania ke dalam hunian, Anda bisa menonjolkannya lewat beberapa elemen berikut, antara lain:

●      Atap yang Terbuat dari Tanah Liat

Umumnya atap pada bangunan Mediterania terbuat dari tanah liat dengan warna coklat kemerahan. Hal ini menjadi salah satu bagian menonjol yang bisa Anda adaptasi di rumah.

●      Penggunaan Warna-warna khas Lingkungan Sekitar Laut

Di rumah bergaya Mediterania Yunani misalnya, banyak rumah yang dibangun menggunakan warna putih dan biru langit. Warna-warna tersebut terinspirasi dari warna dominan di lingkungan laut.

Anda juga bisa menggunakan beberapa warna cerah seperti peach, kuning dan salmon. Warna-warna ini bisa Anda padukan dengan warna netral lainnya untuk memperindah bagian interior maupun eksterior. Pada rumah Mediterania jarang ada bangunan yang memakai warna gelap.

●      Melengkapi Rumah dengan Bentuk Jendela Khas Mediterania

Rumah Mediterania memiliki bentuk jendela yang khas, yaitu berbentuk persegi atau bulat. Jendela yang dipakai biasanya memakai jarak yang tidak berdekatan. Elemen khas Mediterania juga bisa dilihat dari bentuk pintu yang berukuran besar dengan bagian atas yang melengkung.

●      Terdapat Serambi di Rumah

Salah satu ciri khas dari rumah Mediterania ialah melengkapi bagian depan rumah dengan serambi. Berpadu dengan tiang penyangga yang tinggi menjadi alasan lain mengapa banyak orang menyukai rumah bergaya Mediterania.

●      Gunakan Tiang-tiang Penyangga yang Tinggi dan Besar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu penggunaan tiang yang kuat, tinggi dan besar sebagai elemen khas dari bangunan Mediterania. Penggunaan tiang yang menyangga sisi kanan dan kiri pintu masuk akan menambah kesan mewah pada rumah Anda.

●      Gunakan Marmer atau Bebatuan Alam

Anda bisa mengadaptasi penggunaan marmer atau bebatuan ke dalam rumah bergaya Mediterania. Alasan penggunaan kedua bahan ini antara lain karena marmer dan batuan bersifat kuat sehingga lebih tahan terhadap kondisi di sekitar laut yang tak menentu.

Pemakaian keduanya akan memberi kesan mewah dan elegan. Marmer memberi tampilan visual memukau karena memiliki corak yang terbentuk oleh proses alam. Tak hanya tampilannya yang mewah, marmer juga kuat dan membutuhkan perawatan yang mudah, yaitu cukup dibersihkan menggunakan air dan pembersih lantai biasa.

Tak cukup sampai di situ, ternyata kilau marmer tahan lama sehingga Anda tidak usah risau meski digunakan dalam jangka waktu lama.

●      Dinding Plester

Ciri lain yang menonjol dari rumah Mediterania ialah penggunaan dinding plester pada bangunannya. Hampir semua rumah di Mediterania memakai dinding berplester, batu, tanah liat hingga alam yang bertekstur kasar.

Pemakaian bahan-bahan tersebut tak lain untuk melindungi rumah dari sinar matahari, hujan maupun udara panas karena cuaca di sekitar wilayah Mediterania kerap mengalami perubahan.

Dalam membangun rumah gaya Mediterania, Anda bisa mengandalkan semen mortar dari SCG yang sudah dipercaya hingga 50 tahun. SCG Semen Mortar Pasangan Bata dan Plesteran adalah semen instan untuk plesteran dinding bata ringan dengan formula terbaik. Hasil lebih cepat homogen serta rendah penyusutan sehingga meminimalkan risiko retak rambut dan menghasilkan dinding yang kuat dan halus.

Referensi:

https://scgcbm.id/scg-product/scg-mortar-perekat-bata-plasteran-40-kg/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.