Sorotan Piala AFF 2020: Momen Indonesia & Vietnam Dikerjai Wasit Saoud Al-Abda

Kepemimpinan wasit Saoud Al Abda di laga Piala AFF 2020 antara Thailand melawan Vietnam tengah menjadi sorotan. Pertandingan Thailand kontra Vietnam sendiri berjalan menarik sepanjang 90 menit. Thailand sukses keluar sebagai pemenang di laga ini dengan menggelontorkan dua gol.

Kedua gol Negeri Gajah Putih dibuat oleh Chanathip Songkrasin di menit 14 dan 23. Selain laga yang berlangsung menarik, perhatian para penikmat Piala AFF 2020 juga tertuju pada wasit yang memimpin pertandingan. Saoud Al Abda didaulat menjadi pengadil di pertandingan kali ini.

Secara garis besar, ia menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Namun jika dilihat secara lebih detail, ada beberapa keputusan yang ia buat yang cukup mengundang perdebatan. Pelanggaran yang cukup mencolok adalah ketika pemain Vietnam, Nguyen Van Toan dijatuhkan oleh kiper Thailand, Budprom.

Tempat pelanggarannya memang cukup jauh dari kotak 16 besar. Namun, situasi yang ada saat itu bisa dibilang cukup menguntungkan Vietnam Nguyen Van Toan berpeluang mencetak gol jika berhasil melewati Budprom yang maju meninggalkan sarangnya.

Budprom yang kalah duel lantas melakukan pelanggaran kepada Nguyen. Tak sedikit pihak yang mengira wasit Saoud Al Abda akan mengeluarkan kartu merah untuk Budprom. Namun, pria asal Qatar tersebut hanya mencabut kartu kuning untuk diberikan kepada kiper Thailand.

Selain itu, masih ada beberapa kejadian atau pelanggaran yang tak diputus dengan baik oleh Saoud Al Abda. Pelatih Vietnam, Park Hang seo pun angkat bicara. "Saya tidak ingin membicarakan masalah wasit lagi," ungkap Park saat sesi jumpa pers.

"Saya berharap jika dia punya kesempatan, dia akan menonton pertandingan ini lagi dan merasakannya." "Saat ini, tren turnamen di seluruh dunia adalah menggunakan VAR untuk mendukung wasit. "Kami harus menggunakannya, turnamen berikut harus digunakan," sambungnya.

Saoud Al Abda rupanya tak hanya mengundang perhatian di Piala AFF 2020 kala memimpin laga Thailand melawan Vietnam saja. Ia rupanya pernah terlibat insiden yang menyangkut dengan Timnas Indonesia. Hal itu terjadi saat Indonesia melakoni derbi Nusantara melawan Malaysia.

Kala itu, Saoud Al Abda bertugas sebagai wasit cadangan. Sebagai wasit cadangan, ia harus berurusan dengan pelatih atau staf lain yang kurang puas dengan kepemimpinan wasit. Pada satu momen di laga Indonesia melawan Malaysia, ada dua pemain Garuda yang tergeletak di lapangan.

Shin pun sepertinya tak puas dengan keputusan wasit yang sepertinya membiarkan permainan tetap berjalan. Ia lantas melontarkan protes kepada wasit cadangan, yaitu Saoud Al Abda. Protes keras Shin Tae yong ini malah ditanggapi dengan reaksi yang tak kalah keras.

Saoud Al Abda terlihat seperti membentak Shin Tae yong. Itu membuat pelatih berusia 52 tahun itu sempat memundurkan kepalanya sebagai reaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.