Sukses Hadapi SKD CPNS 2021, Ini Tips dan Trik yang Perlu Kamu Tahu!

Peserta CPNS 2021 sebentar lagi akan menjalani tahapan Seleksi Kemampuan Dasar atau SKD. SKD CPNS 2021 ini meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Kalau kamu salah satu yang sedang mempersiapkan diri untuk SKD CPNS 2021, maka ada beberapa tips dan trik agar sukses SKD CPNS 2021.

Sebagai informasi, SKD CPNS 2021 kali ini masih menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Sistem CAT digunakan untuk meminimalkan kecurangan karena berbasis komputer dan dibatasi waktu (timer) yang tidak dapat diperpanjang. Artinya, peserta harus cepat dan tepat dalam mengerjakan soal soal SKD yang dijadwalkan berlangsung pada 25 Agustus sampai 4 Oktober 2021.

Bagaimana agar dapat mengerjakan soal dengan cepat dan tepat sesuai waktu yang ditetapkan? Ada tips dan trik hadapi SKD CPNS 2021 yang bisa Kawan Puan lakukan sebagaimana mengutip laman Kemenpan RC via . Tips dan trik hadapi soal SKD CPNS 2021 ini merupakan bocoran dari para peserta yang lolos rekrutmen pada periode sebelumnya.

Salah satunya adalah Lian Ifandri yang bekerja di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai seorang Analis Kebijakan. Lian Ifandri menjelaskan bahwa ia banyak mempelajari soal soal tes SKD dari rekrutmen CPNS tahun tahun sebelumnya. Alasannya, soal soal SKD memiliki pola yang sama dan boleh jadi berulang setiap tahun.

"Sering kali, soal soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun," tutur Lian. Lian pun mengatakan bahwa soal soal tersebut dapat dipelajari, sehingga ketika mendapati soal sejenis saat ujian akan lebih mudah menyelesaikannya. Tips dan trik hadapi SKD CPNS 2021 berikutnya menurut Lian adalah peserta mesti tenang, teliti, dan fokus dalam manajemen waktu.

Pasalnya, setiap kompetensi yang diujikan ketika SKD menetapkan batas waktu berbeda dengan total 100 menit. Jika tidak tenang, peserta cenderung akan gugup dan kurang fokus dalam mengerjakan. Terlebih, para peserta tidak hanya harus menjawab dengan benar, tetapi juga menyelesaikan soal dengan cepat.

Ketiga, pastikan untuk mengerjakan soal yang dianggap paling mudah dan dikuasai terlebih dulu. Dengan begitu, peserta dapat menghemat waktu sekaligus menjawab soal soal yang sulit dengan lebih leluasa dan maksimal. "Apabila terdapat sisa waktu ujian, gunakanlah untuk mengerjakan soal yang belum terjawab di setiap jenis SKD untuk meningkatkan nilai," terang Lian.

Strategi tersebut bisa diterapkan untuk menyelesaikan soal apapun, mulai dari TWK, TIU, maupun TKP. Supaya lebih tenang dalam mengerjakan dan tidak panik, usahakan kamu memahami hal hal berkaitan dengan SKD. Teruslah aktif mencari informasi jadwal tes, passing grade , dan lain sebagainya agar kamu dapat mempersiapkan diri lebih awal.

Hal tersebut disampaikan oleh pejabat Analis Hukum di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Maersk Ramadani Gumay. "Harus aktif dalam mencari informasi mengenai SKD seperti jadwal tes, passing grade , keperluan yang dibutuhkan pada saat tes, dan lain sebagainya," ucap Maersk. Info terkait SKD CPNS 2021 bisa kamu peroleh dari laman SSCASN atau Kemenpan RB dan media sosial dari lembaga tersebut.

Analis Perlindungan Perempuan dalam Situasi Bencana di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yeski Kelsederi juga berbagi tips. Menurut Yeski, persiapan fisik dan mental juga sangat penting sebelum peserta menjalani tes SKD CPNS 2021. Kondisi fisik harus bugar agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan selama mengerjakan soal.

"Persiapan mental yang mantap dan percaya akan kemampuan diri dapat mengantarkan keberhasilan pelamar dalam tes SKD," tutur Yeski. Terakhir, yang tak kalah penting, kamu juga perlu berdoa agar mimpimu menjadi CPNStercapai. Semoga informasi di atas membantu. Sukses untuk tes SKD nya, ya, Kawan Puan! (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.